Winery

Wine adalah Minuman hasil fermentasi dari buah anggur (Grape)

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel dalam keadaan anaerobik (tanpa oksigen). Secara umum, fermentasi adalah salah satu bentuk respirasi anaerobik, akan tetapi, terdapat definisi yang lebih jelas yang mendefinisikan fermentasi sebagai respirasi dalam lingkungan anaerobik dengan tanpa akseptor elektron eksternal.

Kesimpulannya Fermentasi adalah Suatu proses kimia dimana molekul2 gula pada suatu bahan contohnya anggur di ubah oleh ragi menjadi kombinasi molekul2 alkohol dengan molekul2 karbon dioksida.

Gula adalah bahan yang umum dalam fermentasi. Beberapa contoh hasil fermentasi adalah etanol, asam laktat, dan hidrogen. Akan tetapi beberapa komponen lain dapat juga dihasilkan dari fermentasi seperti asam butirat dan aseton. Ragi dikenal sebagai bahan yang umum digunakan dalam fermentasi untuk menghasilkan etanol dalam bir, anggur dan minuman beralkohol lainnya. Respirasi anaerobik dalam otot mamalia selama kerja yang keras (yang tidak memiliki akseptor elektron eksternal), dapat dikategorikan sebagai bentuk fermentasi.

Persamaan Reaksi Kimia
C6H12O6 → 2C2H5OH + 2CO2 + 2 ATP (Energi yang dilepaskan:118 kJ per mol) Dijabarkan sebagai Gula (glukosa, fruktosa, atau sukrosa) → Alkohol (etanol) + Karbon dioksida

Ahli Kimia Perancis, Louis Pasteur adalah seorang zymologist pertama ketika di tahun 1857 mengkaitkan ragi dengan fermentasi. Ia mendefinisikan fermentasi sebagai “respirasi (pernafasan) tanpa udara”.

Pasteur melakukan penelitian secara hati-hati dan menyimpulkan, “Saya berpendapat bahwa fermentasi alkohol tidak terjadi tanpa adanya organisasi, pertumbuhan dan multiplikasi sel-sel secara simultan….. Jika ditanya, bagaimana proses kimia hingga mengakibatkan dekomposisi dari gula tersebut… Saya benar-benar tidak tahu”.

Ahli kimia Jerman, Eduard Buchner, pemenang Nobel Kimia tahun 1907, berhasil menjelaskan bahwa fermentasi sebenarnya diakibatkan oleh sekeresi dari ragi yang ia sebut sebagai zymase.

Penelitian yang dilakukan ilmuan Carlsberg (sebuah perusahaan bir) di Denmark semakin meningkatkan pengetahuan tentang ragi dan brewing (cara pembuatan bir). Ilmuan Carlsberg tersebut dianggap sebagai pendorong dari berkembangnya biologi molekular.
distilasi

Distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu.
Ethanol

Ethanol, also known as ethyl alcohol, drinking alcohol or grain alcohol, is a flammable, colorless, slightly toxic chemical compound with a distinctive perfume-like odor, and is the alcohol found in alcoholic beverages. In common usage, it is often referred to simply as alcohol. Its molecular formula is variously represented as EtOH, CH3CH2OH, C2H5OH or as its empirical formula C2H6O.

Anggur (atau juga populer disebut dalam bahasa Inggris: wine) adalah minuman beralkohol yang dibuat dari sari anggur jenis Vitis vinifera yang biasanya hanya tumbuh di area 30 hingga 50 derajat lintang utara dan selatan.

Manusia telah membuat minuman anggur sejak sekitar lima ribu tahun yang lalu.Anggur adalah minuman yang populer di banyak negara. Negara-negara yang penduduknya meminum anggur paling banyak (menggunakan data tahun 2000) adalah: Perancis, Italia, Amerika Serikat, Jerman, Spanyol, Argentina, Britania Raya, Tiongkok, Rusia, dan Rumania.

Pohon Anggur

Pohon Anggur 3-5 tahun pertama masa hidupnya (borring),Semua energinya untuk tumbuh, mengembangkan akar sedalam mungkin, dan menyiapkan ranting yg kokoh untuk nantinya menghasilkan buah anggur yang baik,
Buah yang dihasilkan kala itu adalah buah yg belum mantap,blm dapat menhasilkan anggur kualitas baik,.karna konsentrasi gula, acidity, dan rasa blm maksimal. Viticulture(the science of growing grapes), orang yg ahli dalam bidang ini disebut Viticulturist.

Somelier ( pelayan khusus yang melayani wine, seharusnya seorang somelier yang baik memiliki pengetahuan yg sangat luas mengenai wine serta makanan yg disajikan,.

Winemaker(orang yg bertugas membuat wine di winery(pabrik pembuatan wine.

Setelah pohon Anggur melewati masa2 Puber, saatnya pohon Anggur mulai menghasilkan buah anggur yang ranum, sehat, dan memiliki karakter rasa dan aroma yg nantinya, yang nantinya muncul pada proses pembuatan wine.

Musim Dingin :
Daun berguguran dan para pekerja mulai memotongi dahan sesuai arahan Viticulturist agar saat berbuah bisa menghasilkan konfigurasi buah dan panena yg optimal.

Musim Semi :
Saat musim semi tunas2 mulai terlihat tumbuh
Musim panas :
Sepanjang musim panas inilah terjadi proses pematangan buah Anggur.
Musim Gugur
Di Masa inilah biasanya Panen mulai dilakukan, biasanya dibulan sept-Oktober di negara2 Utara atau Februari-Maret di daerah belahan selatan.

Cuaca yang hangat akan menghasilkan Wine yang lebih kaya dan lebih full bodied, sedangkan wine yang dihasilkan pada tahun yang cendrung dingin akan cendrung elegan dan kuat acidity-nya.

Meskipun cuaca adalah salah satu faktor yang penting, namun teknik pembuatan wine(skill) mampu mengurangi efek hasil panen yg kurang baik, banyak winery yg tetap mampu membuat wine yg kualitasnya lumayan meskipun cuaca tahun itu kurang bersahabat.
Wine Making Proses

Proses pembuatan wine secara traditional dari zaman bahula sangat sederhana, : ambil buah anggur yg sudah cukup masak pohon , peras, dan tempatkan sari buah anggur hasil perasan tersebut dalam sebuah wadah, lalu biarkan ragi alami yg menempel di kulit anggur mengubah kadar gula dalam anggur menjadi alkohol.Setelah proses fermentasi selesai saring wine yg sudah jadi tadi di botolkan, SELESAI…

Proses pembuatan wine secara Modern :
Crushing-penambahan ragi-fermentasi-pressing-racking, finingn stabilization-storage-bottling.

Wine classification
Menurut kadar alkoholnya(proses pembuatannya) :
1. Natural Wine
Wine yg merupakan hasil fermentasi lansung dari buah anggur. Kadar alkohol 10%-12%, dan tidak mengandung CO2. Natural Wine : Red, White, Rose
2. Sparkling Wine
Wine hasil dari fermentasi berganda atau dua kali fermentasi dari white wine. Alkohol 14%, mengandung co2
3. Fortified Wine
Wine yang kadar alkoholnya di naikan di tambah dengan proses kimia, yaitu proses ulang dg brandy. Kadar alkohol 16%-21%
Jenis : sherry, port, madeira, malaga, marsala.
4. Aromatic Wine
Wine yang dicampur dengan atau diberi aroma/flavor akar2an, jamu2an, herbs(bumbu2) lainnya. Kadar alkohol di atas 22 %.
Jenis ini sering juga disebut Vermouth, Merk yg terkenal : Martini, Cinzano, Dubonet, dll.

Wine classification
Red Wine
Di buat dari Red Grape dan di fermentasikan bersama-sama dengan kulitnya.
Ada lebih dari 40 jenis Varietas Anggur Merah Yang di gunakan tumbuh di dunia saat ini,,.diantaranya :
1. Cabernet Sauvignon (Bordeaux/Franch, California/Usa)
Menghasilkan wine yang sedikit berat/medium to full body, dengan karakter yang dalam, seperti buah2an beri2an, dan seimbang pada tanin.
2. Merlot (Bordeaux/France, California n Washington/Usa)
Heavy, dengan karakter buah Cherry, dan coklat, dan rendah pada Tanin.
3. Pinot Noir (Burgundy, Champagne/Franch, California/Usa)
Complexs dengan rasa dan aroma buah cherry hitam, beri2an merah, rempah2, dan seimbang pada Tanin.
Red Wine
Syrah (Rhone/Franch/Shiraz?australia)
Menghasilkan wine yang berat, kaya, dan kompleks,..Australia disebut Shyraz dan sering di campur dengan Cabernet sauvignon

Wine baik untuk kesehatan :
Dr. Serge Renaud, Directur French National Institute Health and Medical Research, berpendapat :
Komsumsi wine dalam jumlah yang moderat mampu membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan jumlah kolesterol baik(HDL) serta mengurangi dan mencegah penyumbatan dalam pembuluh darah di jantung.

Red Wine lebih baik dari pada White wine bagi kesehatan jantung
: Yap,..karna proses pembuatan Red Wine banyak menfaatkan kulit anggur dalam proses pembuatan.
Saran paling konservatif dalam mengkomsumsi wine adalah 1 glass/hari=4 oz.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: