French Low

FRENCH LOW
1935 Institut National des Appelation d Origin (INAO)

Vin de Table
dibuat dari campuran berbagai daerah di EEC(European Economic Community), yang bisa di panen di tahun yg berbeda, oleh karna itu wine vin de table tidak boleh mencantumkan asala daerah, jenis anggur, dan vintage.)wine sehari-hari
 Vin de Pays
Dibuat dari jenis wine tertentu yg tumbuh di daerah tertentu,dan harus lulus tes laboratorium dan panel tasting yg di selenggarakan oleh Office National Interprofessional des Vins (ONIVINS). Roussillon
 VDQS Vins Delimites de Qualite Superieure
Kategori antara vdp ke aoc., jarang wine kategori ini.
 AOC Appellation d’Origine Controlee
Predikat paling tinggi, d’Origine biasa di ganti dg nama daerah asal wine, aturan untuk aoc sangat ketat : jenis anggur yg boleh digunakan sngt specific, jmlh panen maksimum /hektar, cara penanaman, wine making proses, lulus panel tasting,

9 jenis anggur vitis vinifera yg dianggap klasik :

Red Wine
1. Cabernet Sauvignon (tanin yg tinggi)_tahan banting
2. Merlot (soft)
3. Pinot Noir (temperamantal) unpridicable
4. Shiraz/Syrah (kompleks)
White Wine
1. Chardonnay lebih dikenal di indo
2. Chenin Blanch kurang terkenal di indo
3. Riesling
4. Sauvignon Blanch (Acidity tinggi)
5. Semillon

Vintage
Angka yang menunjukan kapan anggur yang di pakai untuk membuat wine tersebut di panen. Jika kita juga mengetahui cuaca di daerah yang bersangkutan pada tahun tersebut kita juga bisa mendapatkan gambaran kasar mengenai rasa dan wine.
Cuaca yg hangat akan menghasilkan wine yg lebih kaya dan full bodied. Sedangkan wine yg di hasilkan pada tahun yg cendrung dingin akan cendrung elegan dan acidity yg kuat.

Menikmati Wine
Rasa pahit biasanya terasa kuat di bagian belakang lidah, kecut dan asin di bagian pinggir, serta rasa manis yg terasa di ujung depan lidah. Biarkan wine mencapai seluruh bagian lidah dg rata, sensasi yg kita rasakan lebih serasi dan seimbang.
Setelah menelan wine cobalah untuk menikmati sensasi finish, dan berapa lama bertahan serta apakah karakter finishnya berubah.

Menikmati wine dg mata
Lihatlah wine dari atas, perhatikan ke jernihannya, white wine yg jernih adalah sinyal positif akan kondisinya, white wine yg keruh, adalah salah satu tanda ada yg tidak beres dg wine tersebut.
Warna tidak bnyk berhubungan dg kualitas dan rasa. Secara umum warna white wine akan berubah menjadi lebih tua atau gelap seiring dg bertambahnya usia.
Red wine, Jika kita miringkan glass wine, kita juga akan bisa melihat perbedaan corak warna antara bagian tengah dan bagian pinggir, itu berarti wine sudah mencapai fase matang atau umurnya sudah cukup tua.
Warna juga bisa memberikan indikasi dari mana sebuah wine berasal, Proses maceration juga memberikan pengaruh.

Macaration ?
Proses membiarkan skin cantact terjadi antara jus, kulit, dan biji anggurnya, tujuannya untuk mendapatkan warna, tanin, dan komponen rasa lainnya.

Menikmati wine dg indra penciuman
Seperti air liur kita seperti menetes duluan kala mencium wanginya asap sate. Mencium aroma mangga yg harum,
Nikmati Bouquet yg ada, oksigen menyebabkan karakter sebuah wine berubah, bisa menjadi lebih baik atau bahkan buruk,.Nose yg cepat melemah menandakan wine tersebut sudah berumur terlalu tua dan sudah kehilangan hampir seluruh rasa dan pesonanya.
Swirling ? Menggoyang gelas atau memutartangkai gelas
Dapat membantu lebih banyak bouquet di dalam gelas.setelah itu kenali lagi berbagai sensasi yg bisa d tangkap oleh penciuman anda.

Menikmati wine dg Lidah
Drinking n tasting,.?
Menikmati seluruh sensasi …
Biarkan wine beberapa saat di mulut untuk memberi kesempatan seluruh bagian lidah menggali berbagai macam rasa dan sensasi yg ada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: